Berbicara dalam Bahasa Gambar

Posted on Posted in Artikel Public Speaking

Kekuatan Bahasa

Anda tahu, ada ratusan ribu kata di dalam setiap bahasa yang ada di dunia. Beberapa bahasa bahkan memiliki hampir sejuta kata. Namun demikian, kosakata yang diketahui atau digunakan oleh setiap orang ternyata sangat terbatas jumlahnya. Rata-rata orang hanya mengetahui atau menggunakan sekitar 2.000 sampai 10.000 kata saja. Jumlah ini hanya kurang dari 2% total kata di dalam bahasa yang digunakannya.

Kata-kata yang Anda pilih dan Anda gunakan, berpengaruh pada efektivitas komunikasi Anda dengan orang lain. Pilihan kata-kata Anda itu memiliki kontribusi yang besar bagi kesuksesan atau kegagalan Anda dalam berkomunikasi.  Mampu berbicara dengan bahasa pendengar, adalah kunci keberhasilan berbicara di depan publik.

Presentasi dengan Modalitas

Ini cara termudah untuk berbicara dengan bahasa pendengar. Lawan bicara Anda, secara umum mengolah berbagai informasi melalui tiga gaya, yaitu visual, auditory, dan kinestetik. Apa yang sulit, adalah melatih diri untuk bisa meyakini kecenderungan dari lawan bicara Anda. Sekali Anda bisa melakukannya, Anda akan mengetahui tipe apa lawan bicara Anda.

Visual. Gunakan kata-kata yang mewakili ‘penglihatan’.
Auditory. Gunakan kata-kata yang mewakili ‘pendengaran’.
Kinestetik.- Gunakan kata-kata yang mewakili ‘perbuatan’, ‘perasaan’, atau ‘sentuhan’.

Bicara dalam Bahasa Gambar

Ketika Anda mendapat kesempatan untuk memberikan saran atau perintah, pastikan Anda menyajikannya dengan berbicara secara visual. Perhatikan, manakah dari instruksi di bawah ini yang lebih mudah Anda ingat?

1. a. Mengembalikan raket tenis dalam garis lurus horizontal.
1. b. Mengembalikan raket tenis seolah Anda membersihkan sebidang meja kopi.

2. a. Menyanyikan sebuah bait lebih lirih di bagian akhir.
2. b. Menyanyikan sebuah bait seperti balon yang kehabisan gas.

3. a. Menangkap bola sepak dengan halus.
3. b. Membiarkan bola mencium kaki Anda.

Berbagai kalimat yang (b) di atas, jauh lebih mudah ditangkap, diingat, dan dilakukan. Ini karena otak kita lebih mudah menangkap pesan dalam bentuk gambar secara lebih jelas dan lebih mudah diingat, dibandingkan dengan gagasan abstrak.

Setiap kali ada kesempatan, ciptakanlah gambaran yang jelas untuk setiap kalimat yang Anda sajikan dalam presentasi. Bukankah dengan begini, jadi lebih jelas bagi Anda kenapa desain presentasi memegang peran yang penting?

One thought on “Berbicara dalam Bahasa Gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *