Bryan Stevenson presentasi TED

Posted on Posted in Artikel Public Speaking

Maret 2012, seorang pengacara hak-hak sipil bernama Bryan Stevenson menyajikan ‪presentasi di hadapan 1.000 orang di Long Beach, California. Ia menerima “standing ovation” terlama dalam sejarah TED dan video presentasinya telah ditonton secara online mendekati 2 juta kali. Selama 18 menit, Stevenson mengikat perhatian audien karena ia berhasil mempesona pikiran dan hati mereka.

Stevenson bercerita, di hari itu, para hadirin bersedia keluarkan donasi dengan total
$ 1 juta untuk lembaga non-profitnya, EJI (Equal Justice Initiatives). Donasi itu, setara dengan $ 55.000 untuk setiap menitnya ia berbicara.

Bryan-Stevenson TED-talk

Apa rahasianya?

Stevenson tidak sajikan presentasi dengan bantuan PowerPoint. Ia tidak gunakan alat bantu visual, tanpa slide presentasi, tanpa perlengkapan tambahan di atas panggung. Kekuatan utama Stevenson ada pada penyajian narasinya, sajian ceritanya sungguh melekat. Sementara di sisi lain, beberapa ‪pembicara terkenal di ‪TED lebih memilih gunakan ‪‎PowerPoint untuk memperkuat dampak dari pesan narasinya.

Kedua gaya presentasi ini, bisa sama-sama kuat dampaknya, jika memenuhi kunci-kunci rahasia presentasi ala TED, yang sesuai tagline-nya “ideas worth spreading”. Gagasan yang pantas disebarluaskan!

Bagaimana dengan presentasi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *