Dipercaya!

Posted on Posted in Artikel Public Speaking

Kita mengerti, gaya bicara persuasif merupakan gaya yang dominan saat berkampanye. Dari beberapa kunci keberhasilan persuasi, ada satu kunci utama yang pegang peran sangat kuat, terutama ketika berbicara dalam kampanye politik. Itulah aspek kredibilitas sang orator.

Berikut ini beberapa cara membuat audien makin yakin dengan kredibilitas Anda sebagai orator.

1. Miliki pengetahuan dan kepakaran dalam bidang yang sedang dibicarakan. Secara halus, selipkan informasi mengenai kapasitas kita dalam topik perbincangan dengan memberi informasi judul buku, hasil penelitian, majalah, nama pakar/tokoh yang menjadi rujukan oembicaraan. Karena itu, berbicaralah dalam topik yang dikuasai saja. Jika mendapat pertanyaan tentang hal-hal yang tidak diketahui, maka katakan secara jujur kepada audien bahwa kita masih perlu belajar tentang perkara itu.

2. Jangan katakan -secara eksplisit dan langsung- bahwa kita memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman. Tetapi yakinkan dengan bahasa yang halus berkenaan dengan kapasitas kita. Gunakan cerita atau testimoni yang relevan. Dari pengalaman berinteraksi dengan beragam audien, secara umum masyarakat Indonesia kurang/tidak menyukai seseorang yang menyebut-nyebut kelebihan dirinya, karena (dipersepsikan) memberi kesan angkuh.

3. Berhati-hatilah bila menyebut nama tokoh dan pakar. Sebutlah nama (dan gelar) secara benar. Demikian pula jika menggunakan istilah asing (bahasa Arab, Inggris, Mandarin, dsb). Istilah-istilah teknis di bidang tertentu, ucapkanlah dengan lafal yang benar dan tepat, itu saja sudah lebih dari cukup untuk meyakinkan publik bahwa kita adalah pakar dalam bidang yang dibicarakan.

4. Berlaku adil dan objektif dalam berbicara. Kemukakan dengan proporsional kelebihan dan kekurangan suatu ide. Dengan cara ini, pendengar mudah yakin bahwa orator adalah orang yang cerdas, adil, dan matang.

5. Gunakan bahasa optimis, praktis, dan realistis. Jauhi gaya kritik, negatif, dan menyudutkan orang lain. Pada dasarnya manusia mudah terpengaruh oleh rencana masa depan dan keuntungannya bagi hidup mereka. Maka, ajukan ide Anda dengan disertai contoh dan-atau bukti konkrit.

Selamat berlatih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *