Pengertian Public Speaking, Bisa Bicara itu Penting!

Teknik Berbicara
Seni Berkomunikasi – Bisa Bicara itu Penting!

Anda tahu, berbicara merupakan kebutuhan tiap orang. Sadari atau tidak, Anda tidak bisa tidak berkomunikasi. Dalam jalankan profesi Anda butuh berbicara di depan publik misalnya presentasi. Bahkan dalam aktivitas keseharian kita sebagai manusia sosial. Karena tulisan saja tak cukup mewakili yang ingin kita sampaikan, maka kemampuan berbicara menjadi sangat penting. Karena dengannya, dapat menguatkan makna dari tulisan yang sederhana.

Apa pengertian Public Speaking? Dan mengapa public speaking menjadi sebuah hal yang sangat penting untuk kita kuasai?

Sebelum kita bahas lebih dalam pentingnya menguasai public speaking, kita perlu lebih dulu mengetahui pengertian keterampilan berbicara atau pengertian public speaking secara menyeluruh.

Berikut ini paparannya.

Pengertian Public Speaking

Menurut Webster’s Third New International Dictionary, tercantum pengertian Public Speaking adalah:

a. The act of process of making speeches in public (proses memberikan pidato di depan publik)
b. The art of science of effective oral communication with an audience (seni dari ilmu berkomunikasi lisan yang efektif bersama para pendengarnya).

Menurut David Zarefsky, dalam Public Speaking Strategic for Success; “Public speaking is a continuous communication process in which messages and signals circulate back and forth between speaker and listeners.” Mudahnya dapat diartikan: Public Speaking adalah sebuah proses komunikasi berkelanjutan, di mana pesan, simbol (komunikasi) (dan makna, ed; tambahan penulis) terus berinteraksi, antara pembicara dan para pendengarnya.

Sedangkan menurut Ys. Gunadi dalam Himpunan Istilah Komunikasi: Public Speaking adalah sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan secara lisan tentang suatu hal atau topik di hadapan banyak orang. Tujuannya adalah untuk mempengaruhi, mengubah opini, mengajar, mendidik, memberikan penjelasan serta memberikan informasi kepada masyarakat tertentu pada suatu tempat tertentu.

Karena sifatnya yang dinamis, maka Public Speaking juga dapat diartikan sebagai sebuah aktivitas yang sangat dekat dengan asosiasi kata perubahan (change). Melalui Public Speaking, kita dapat mengetahui pola pemikiran dari seseorang, mengetahui gagasan masa depan seseorang, dan ide-ide luar biasanya. Kita juga dapat mengetahui perubahan seperti apa yang digagas atau direncanakan seseorang.

Public Speaking merupakan sebuah rumpun keluarga Ilmu Komunikasi (Retorika) yang mencakup berdiskusi, berdebat, pidato, memimpin rapat, moderator, MC, dan presenter serta kemampuan seseorang untuk dapat berbicara di depan publik, kelompok maupun perseorangan yang perlu menggunakan strategi dan teknik berbicara yang tepat.

Bisa bicara itu Penting!

Nah, dari pemaparan pengertian public speaking yang cukup lengkap di atas. Tentu kita tidak bisa menganggap bahwa teknik berbicara sederhana akan bisa membuat seseorang mampu mempengaruhi, menguasai atau bahkan mempersuasi orang lain untuk suatu kepentingan tertentu.

Oleh karena, kita perlu dan butuh keterampilan berbicara efektif secara khusus, berupa sikap dan teknik berbicara yang mumpuni agar kita bisa melakukan itu semua, baik dalam penyampaian pesan, mempengaruhi orang, memotivasi, dan lain sebagainya.

Obama
Obama

Obama, yang kita kenal sebagai orang berkulit hitam pertama yang bisa menguasai Negeri Paman Sam, adalah termasuk orang yang pandai berbicara. Pandai berbicara bukan dalam arti banyak omong, melainkan beliau mampu mengolah kata-kata sedemikian rupa sehingga apa yang disampaikannya dapat menguasai bawah sadar pendengar, mampu mengubah pola pikir mereka, dan kemudian mempengaruhinya untuk meng-IYA-kan apa yang dikatakan oleh Presiden AS pertama yang ber-almamater-kan SD Menteng ini.

Pada artikel public speaking berikutnya, akan kita bahas bagaimana sebuah teknik public speaking atau teknik berbicara yang mendasar dan sederhana untuk kita pelajari, tapi terbukti mampu membuat pesan yang kita sampaikan MASUK, MENGENA dan MELEKAT dalam benak para pendengar.

Sampai jumpa di pembelajaran selanjutnya.. 🙂

14 thoughts on “Pengertian Public Speaking, Bisa Bicara itu Penting!”

  1. mau tanya dan komen (lagi)

    ada statement ini kan di atas, “Public speaking is a continous communication process in which messages and signals circulate back and forth between speaker and listeners.”

    padahal kan kalau public speaking itu yang berbicara hanya 1, audience tidak banyak berbicara
    lalu yang dimaksud dengan “messages and circulates back and forth” itu apa?

    1. Pembicara yang andal, pasti tahu bahwa meski audience tidak banyak berbicara, toh secara non-verbal audience merespon. Dengan “mendengar” respon itulah, pembicara (dalam public speaking sekalipun) berupaya menyesuaikan diri, agar isi dan makna komunikasi yang ia inginkan, bisa sama-sama dimengerti dan dipenuhi. Karena itulah dimaknai dengan “proses kontinyu dan saling mempengaruhi”.

      Terima kasih atas keingintahuannya 🙂

  2. bagaimana cara berpresentasi yang baik.. agar kita mampu menjawab pertanyaan presentasi dengan tatanan bahasa yang bagus…?
    terimakasih pak…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *